Kamis, 14 Februari 2013

Aktivis WALHI Jatim siap back up warga Kecamatan Bumiaji Batu lawan Hotel The Rayja



KONFLIK panjang warga dan investor The Rayja Resort turut disikapi pemerhati lingkungan. Purnawan D. Negara, aktivis dewan wahana lingkungan hidup (Walhi) Jawa Timur mengatakan, tuntutan warga sumber Gemulo itu jelas demi menyelamatkan sumber air yang jadi tumpuan banyak orang. Apalagi lokasi The Rayja diyakini akan membahayakan kelang-sungan sumber mata air di Batu.
Karena sumber Gemulo termasuk salah satu sumber terbesar di antara sumber mata air lain di Batu. ”Gemulo ini jadi sumber kehidupan warga Batu, jika terancam, sangat wajar pen duduk bergerak,” kata dosen fa kultas hukum Universitas Widyagama itu. Selama ini menurutnya, sumber air di Kota Batu banyak berkurang. Sebagian besar mengering.
Dari ratusan sumber air, hanya tersisa puluhan. Padahal Batu merupakan kawasan hulu sungai Brantas. Ketika kawasan ini rusak atau mati airnya, akan memengaruhi bagian hilir, yakni daerah-daerah lain seperti Kota Malang dan Kabupaten Malang. Belum lagi dampak pada warga sekitar. ”Dan pendirian hotel itu bagian dari potensi ancaman matinya sumber Gemulo,” ujar dia.
Ditambahkan, sebaikanya pemerintah kota segera merealisasikan perlindungan kawasan sumber Gemulo. Pembelian lahan Gemulo oleh pemerintah kota harus dilakukan atas dasar semangat perlindungan lingkungan. Bukan malah pelanggengan kehendak pemerintah daerah untuk melegalkan dan memudahkan investor membangun di kawasan konservatif Bumiaji. ”Idealnya kawasan Bumiaji memang menjadi wisata lingkungan edukatif. Konsepnya siswa bisa belajar di kawasan itu,” kata pria yang akrab disapa Pupung itu. (radar)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar