Rabu, 07 November 2012

Eddy Rumpoko Walikota Batu Sadar, Sumber Mata Air belum tertata





Eddy Rumpoko Walikota Batu Sadar Sumber Mata Air Belum Tertata
Jumat, 4 Mei 2012 20:05 WIB  |
| Editor: Rudy Hartono | Reporter : Iksan Fauzi
SURYA Online, BATU - Wali Kota Batu Eddy Rumpoko mengaku sadar belum mengelola sumber mata air dengan baik. Di Batu, terdapat 111 sumber mata air yang harusnya dimanfaatkan dan didistribusikan untuk kelangsungan hidup masyarakat lebih luas.
Karena itu, Wali Kota pilihan PDIP ini menjadikan pelajaran demonstrasi warga Bumiaji dan sekitarnya yang menolak pembangunan Cottage The Rayja. Warga menolak lanataran tidak jauh dari lahan The Rayja terdapat sumber mata air besar Umbulan Gemulo.  Eddy berencana menata dan membuat aturan mengenai sumber mata air ini. Peran masyarakat untuk ikut menjaga sumber mata air juga dibutuhkan untuk mengawasi jalannya aturan nanti.
“Insya Allah peristiwa (penolakan) ini kami ambil hikmahnya. Saya sebagai kepala daerah baru menyadari kalau sumber mata air belum dikelola dengan baik. Nah, sekarang harus kita perbaiki,” ujar Eddy saat ditemui di rumah dinasnya di belakang kantor Pemkot Batu, Jumat (4/5/2012).
Pada Kamis (3/5) malam, Eddy menandatangani kesepakatan untuk mencabut izin pembangunan The Rayja atas desakan warga di kantor Desa Bumiaji. Kendati begitu, ketika ditanya apakah akan mencabut izin pembangunan The Rayja? Eddy tidak menjawabnya dengan tegas.
Menurutnya, pelu ada penataan tata ruang dan wilayah, semua tidak serta merta mengikuti aturan yang sudah diperdakan. Fokus Pemkot sekarang adalah (meneliti) izin yang sudah dikeluarkan. “Kami lebih mementingkan sumber air,” tambahnya.
Akses Surabaya.Tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat surabaya.tribunnews.com/m/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar